Daftar Blog Saya

Sabtu, 01 Desember 2012

Microsoft Word
 

Menjelajahi Internet

Kebanyakan informasi yang terdapat di internet ditempatkan di halaman-halaman web. Halaman-halaman web tersebut merupakan file-file yang di tulis dengan menggunakan kode-kode yang disebut dengan kode HTML. Kode-kode HTML dapat dibaca oleh komputer jika komputer tersebut mempunyai program yang disebut dengan browser. Jadi, browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web.
Ada banyak browser yang digunakan saat ini. Browser yang paling banyak digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer. Kemampuan kedua browser ini hampir sama. Netscpae Navigator dan Internet Explorer merupakan browser yang dapat dijalankan di komputer yang mempunyai sistem operasi Windows. Internet Explorer adalah browser yang disertakan dengan sistem operasi Windows. Jadi, jika komputer kita menggunakan sistem operasi Windows tersebut sudah pasti memiliki Internet Explorer di dalamnya. Sedangkan jika ingin menggunakan Netscape Navigator, kita harus menginstallnya sendiri. Dalam hal ini saya akan membahas lebih condong kepada browser untuk Internet Explorer.

Menjalankan browser
Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet. Menjelajahi internet berarti mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website yang ada di internet. Untuk dapat menjelajahi internet, kita harus menjalankan program browser.
Sama dengan program-program aplikasi Windows lainnya, kita dapat menjalankan Internet Explorer dengan dua cara :
  1. Mengklik shortcut Internet Explorer di desktop
  2. Mengklik ikon Internet Explorer dari menu Start

Bagian-Bagian Browser

Jendela Internet Explorer mempunyai title bar, menu bar, tool bar, status bar, dan lainnya. Jendela Internet Explorer juga dilengkapi dengan scroll bar yang akan ditampilkan secara otomatis jika halaman web yang ditampilkan di jendela Internet Explorer cukup lebar dan panjang.
Bila dibandingkan dengan aplikasi Windows lainnya, khususnya Microsoft Office, satu hal yang khas dari Internet Explorer adalah jendela pada browser ini dilengkapi dengan bar alamat (address bar). Pada bar alamat kita dapat mengetik alamat website yang ingin dikunjungi. Masing-masing bagian jendela Internet Explorer akan dijelaskan satu per satu.
  • Title bar
Title terdapat pada bagian paling atas jendela Internet Explorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela Internet Explorer. Sedangkan bagian kanan berisi kontrol untuk jendela Internet Explorer terdiri atas tombol Minimize, Maximize, dan Close.
  • Menu bar
Merupakan tempat menu-menu yang terdapat di jendela Internet Explorer ditempatkan.
  • Toolbar
Yang memuat tombol-tombol perintah. Tombol-tombol perintah tersebut merupakan shortcut perintah yang terdapat di menu. Masing-masing tombol menjalankan sebuah perintah. Berikut daftar tombol toolbar beserta fungsinya :
No
Tombol
Keterangan
1.
Back
Untuk kembali ke halaman website yang dibuka sebelumnya
2.
Forward
Untuk kembali ke halaman berikutnyayang pernah dibuka
3.
Stop
Untuk menghentikan proses pemanggilan sebuah halaman web
4.
Refresh
Untuk mengulangi proses pemanggilan sebuah halaman web
5.
Home
Untuk kembali ke halaman pertama dari sebuah website
6.
Search
Untuk menampilkan jendela pencarian
7.
Favorites
Untuk menampilkan alamat website favorite
8.
Media
Untuk menampilkan alamat yang berhubungan dengan multimedia
9.
History
Untuk menampilkan jendela berisi daftar halaman yang pernah diakses
10.
E-mail
Untuk membaca e-mail dan berita

  • Address bar
Kotak teks yang digunakan untuk memasukkan alamat website yang ingin ditampilkan (dikunjungi) di jendela Internet Explorer. Dilengkapi dengan sebuah tombol pada bagian ujung kanannya. Apabila tombol tersebut di klik akan menampilkan alamat-alamat website yang dikunjungi terakhir kali.
  • Status bar
Menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web.
  • Task Pane
Jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila kita mengklik tombol Search, Favorites, dan History.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar